E-commerce
adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan lewat dunia maya (internet), dengan
memanfaatkan kemajuan teknologi para pengguna e-commerce dapat melakukan
penjualan, pebelian dan lain-lain. E-commerce sangat menguntungkan untuk para
pengguna nya karena memudahkan untuk pembeli yang menginginkan suatu barang
tanpa harus bepergian untuk membelinya.
Akhir-akhir
ini penggunaan internet yang menjurus kepada
cyberspace kelihatannya akan
mendominasi seluruh kegiatan di atas permukaan bumi di masa kini dan masa
datang dan secara umum akan berubah menjadi alat untuk persaingan antara
perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Ini pun akan membawa dampak yang
sangat besar bagi setiap perusahaan. Sehingga perusahaan harus memiliki
kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga
perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya. Penggunaan teknologi
diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang
kompetitif tersebut. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut
adalah perusahaan yang mampu mengimplementasikan teknologi ke dalam
perusahaannya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan
persaingan bisnis dan penjualan produk produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau
jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital
Sekarang
sudah semakin banyak bermunculan online shop ataupun perusahan-perusahaan yang
menjual berbagai macam barang melalui media e-commerce dengan cara hanya dengan
membuat website. Tanpa harus bersusah payah untuk pergi ke pasar ataupun pusat
perbelanjaan lain untuk membeli barang yang diinginkan kita bisa dengan mudah
mendapatkan barang tersebut dengan media e-commerce dan kita bisa melakukan
transaksi jual beli dengan media e-commerce juga. Media internet semakin
dilirik oleh para produsen untuk menjual ataupun mempromosikan produk mereka
kepada konsumen. Pada proses e-commerce terjadi efisiensi pada penggunaan fax,
pencetakan dokumen, entry ulang dokumen,
serta jasa kurir. Efisiensi tersebut akan memperlihatkan adanya pengurangan
biaya dan waktu/kecepatan proses. Kualitas transfer data juga menjadi lebih
baik, karena tidak dilakukannya entry ulang yang memungkinkan terjadinya human
error.
Secara
umumnya, E-COMMERCE merupakan aktivitas perdagangan melalui media internet.
Dengan adanya layanan ini banyak manfaat yang dapat memudahkan dalam proses
jual beli atau jasa yang diberikan antara lain manfaat bagi pengguna bisnis
seperti :
·
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau
pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka,
sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
·
E-COMMERCE menawarkan pengurangan sejumlah
biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan
mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung
dan pelayanan pelanggan (costumer service), jika dibangdingkan dengan jenis
bisnis tradisional.
·
Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan
online channel yang biayanya lebih murah
·
Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan
transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
·
Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan
pelayanan lebih responsif.
Keuntungan e-commerce bagi
bisnis :
a. Pasar
internasional
Dengan penerapan e-commerce sebuah
perusahaan dapat memiliki sebuah pasar internasional. Bisnis dapat dijalankan
tanpa harus terbentur pada batas negara dengan adanya teknologi digital. Pihak
perusahaan dapat bertemu dengan partner dan kliennya dari seluruh penjuru
dunia. Hal ini menciptakan sebuah lembaga multinasional virtual.
b. Penghematan
biaya operasional
Biaya operasional dapat dihemat. Biaya
untuk membuat, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan memperbaiki kembali
informasi juga dapat ditekan.
Mengurangi penggunaan paper/kertas di
berbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi, pengepakan,
pengiriman, distribusi hingga marketing.
c. Kustomisasi
masal
E-commerce telah merevolusi cara konsumen
dalam membeli barang dan jasa. Produk barang dan jasa dapat dimodifikasi sesuai
dengan keingingan konumen. Contohnya, di masa lalu saat perusahaan Ford mulai
memasarkan mobil produksinya, para pembeli hanya dapat membeli motor yang
berwarna hitam karena yang dibuat memang hanya warna tersebut. Namun sekarang
pembeli dapat mengkonfigurasi sebuah mobil sesuai dengan spesifikasi mereka
hanya dalam beberapa menit, misalnya menentukan warna mobil yang mereka
inginkan untuk mobil yang akan mereka beli, hanya dengan mengunjungi website
Ford di internet.
d. Berkurangnya
kendala inovasi
Yang dimaksud adalah dengan e-commerce,
suatu perusahaan dapat menghemat sumber daya karena mereka tidak dipusingkan
dengan sulitnya membuat penemuan baru untuk modifikasi produk mereka. Sebagai
contoh, perusahaan seperti Motorola (mobile phone) dan Dell (komputer) dapat
mengumpulkan para konsumennya yang memesan sebuah produk. Para konsumen dapat
membuat suatu daftar mengenai spesifikasi produk baru yang mereka inginkan dan
mengirimkannya ke perusahaan secara on-line. Kemudian perusahaan dapat
merencanakan produksi suatu produk berdasarkan spesifikasi konsumen dan
mengirimkan hasilnya dalam jangka waktu beberapa hari.
e. Biaya
telekomunikasi yang lebih rendah
Internet lebih murah dari sebuah jaringan
tambahan yang hanya digunakan untuk telepon. Adalah lebih murah untuk
mengirimkan sebuah fax atau e-mail via internet daripada melakukan dial telepon
secara langsung.
f. Digitalisasi
proses dan produk
Contohnya pada kasus produk software dan
audio video, produk digital tersebut dapat diunduh atau dikirim lewat e-mail
secara langsung ke konsumen melalui internet dalam format digital. Hal ini
tentu saja menghemat waktu dan biaya pengiriman produk.
g. Batasan
waktu kerja dapat diatasi
Bisnis dapat dijalankan tanpa mengenal
batas waktu karena dijalankan secara on-line melalui internet yang selalu
beroperasi tiap hari.
Keuntungan e-commerce bagi
konsumen:
a. Akses
penuh 24 jam / 7 hari
Konsumen dapat berbelanja atau mengolah
berbagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di
sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan
memperoleh informasi lainnya.
b. Lebih
banyak pilihan
Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan
produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga
konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.
c. Perbandingan
harga
Konsumen dapat berbelanja di seluruh dunia
dan membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda atau
dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang menampilkan berbagai harga dari
sejumlah provider.
d. Proses
pengantaran produk yang inovatif
Dengan e-commerce proses pengantaran
produk menjadi lebih mudah. Misalnya dalam kasus produk elektronik misalnya
software atau berkas audio visual di mana konsumen dapat memperoleh produk
tersebut cukup dengan mengunduhnya melalui internet.
Sumber
http://spicaalmilia.files.wordpress.com/2007/03/artikel-penelitian-penerapan-e-comerce.pdf
(sumber tersebut diambil pada hari jumat tanggal 22-06-2012 pukul 20:00)
http://nindyastuti52.wordpress.com/2011/01/28/manfaat-e-commerce-bagi-pengguna-bisnis-online/ (sumber
tersebut diambil pada hari jumat tanggal 22-06-2012 pukul 21:10)
http://blogpunyaqy.blogspot.com/2011/01/manfaat-e-commerce-bagi-pengguna-bisnis.html (sumber tersebut diambil pada hari jumat tanggal
22-06-2012 pukul 21:15)
http://carilahinspirasi.blogspot.com/2011/01/manfaat-e-commerce-bagi-pengguna-bisnis.html (sumber
tersebut diambil pada hari jumat tanggal 22-06-2012 pukul 22:23)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar