Minggu, 22 April 2012

ANGKATAN KERJA DAN PENGANGGURAN


Tenaga kerja adalah penduduk dalam usia kerja yang siap melakukan pekerjaan.
Dalam hal ketenagakerjaan, sensus penduduk membagi penduduk ke dalam 2 kelompok yaitu penduduk yang termasuk angkatan kerja dan penduduk bukan angkatan kerja.
Angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari pekerjaan
Setiap  tahunnya jumlah angkatan kerja meningkat dengan sangat pesat namun kenyataannya dengan semakin pesatnya pertumbuhan angkatan kerja tidak diiringi dengan jumah lapangan kerja yang cukup. Jumlah penduduk yang meningkat setiap tahunnya  pada dasarnya merupakan potensi yang sangat berharga ditinjau dari segi tenaga kerja jika dapat didayagunakan dengan baik, penduduk yang sangat banyak dan memiliki keterampilan ini merupakan potensi yang berharga, namun jumlah penduduk yang meningkat dan bertambah banyak setiap tahunnya ini  jika tidak memiliki keterampilan ini adalah kerugiannya yang dapat menyebabkan pengangguran di mana-mana.
Tujuan akhir pembangunan ekonomi suatu negara pada dasarnya adalah meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi agar stabil dan dalam keadaan naik terus. Jika tingkat pengangguran di suatu negara relatif tinggi, hal tersebut akan menghambat pencapaian tujuan pembangunan ekonomi yang telah dicita-citakan. Selain itu pengangguran secara tidak langsung berkaitan dengan pendapatan nasional. Tingginya jumlah pengangguran akan menyebabkan turunnya Gross Domestic Product. Makin banyak barang dan jasa yang dihasilkan, makin tinggi pendapatan nasional bangsa itu, yang memungkinkan dilakukannya tabungan yang selanjutnya dapat digunakan untuk investasi, selanjutnya investasi akan memperbesar kesempatan kerja, tetapi kenyataannya di negara ini jumlah pengangguran malah bertambah seiiring dengan globalisasi yang lebih banyak menggunakan sistem kontrak dalam perusahaan dan selain itu penggunaan mesin yang di nilai lebih hemat dan efisien dibandingkan dengan penggunaan tenaga kerja selain itu kurangnya pendidikan di negara ini dan masih banyak lagi hal-hal yang menyebabkan terjadinya pertambahan pengangguran.
Pengangguran dan angkatan kerja yang terjadi di Indonesia merupakan masalah penting yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Karena dengan adanya penggangguran ini akan menyebabkan kemiskinan dan itu berkaitan satu dengan yang lain. Mungkin salah satu yang bisa dilakukan pemerintah adalah Mengadakan pelatihan tenaga kerja untuk mengisi formasi kesempatan (lowongan) kerja yang kosong, dan Segera mendirikan industri padat karya di wilayah yang mengalami pengangguran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar